Yulen billy's Blog

semakin kita mencari tahu, membuat kita tahu bahwa begitu banyak hal yang belum kita ketahui …

Tips dan Trik merawat baterai Laptop agar awet

Posted by yulenbilly on 20 January 2010

Komponen utama dari laptop atau notebook adalah batere/battery dan layar/LCD/display. Terutama batere, sebab laptop diciptakan untuk menyelesaikan pekerjaan walau kita dalam keadaan mobile alias berpergian. Apa gunanya laptop jika harus tetap ‘tercolok’ pada catudaya listrik dari PLN, tentunya tidak maksimal.Ada tips dan trik agar batere laptop awet, antara lain :

  • Kenali dahulu batere latop anda sbb setiap setiap laptop/notebook mempunyai bentuk, letak, dan karakteristik batere yang berbeda. Pelajari cara membuka dan memasang batere yang benar sbb pemasangan batere yg tdk pas akan merusak batere.
  • Lama ng-charge/isi batere harus disesuaikan dgn karakteristik batere. Usahakan charging dihentikan jika batere sudah penuh (biasanya ada tanda/indikator jk batere sdh penuh) sbb kalau tdk akan merusak batere itu sendiri. Biasanya drop.
  • Jangan sering-sering melakukan charge dalam keadaan laptop menyala.
  • Bila kita akan melakukan pekerjaan yang membutuhkan waktu sangat lama lebih baik batere dilepas dan laptop mendapat catudaya listrik langsung menggunakan adaptor.
  • Bila anda membeli laptop bekas/second, perhatikan adaptor dan batere apakah catudaya, voltasenya sesuai.

note:

ada beberapa indikator proses charging batere (tdk semua sama), biasanya bila batere dari kosong sampai 3% lampu msh berkedip2, 5%-90% lampu berwarna orange, 91%-99% lampu berwana hijau, dan 100%-penuh lampu akan mati.

Dan sekarang, karena banyaknya pengguna laptop, saya mau sharing tentang penghematan baterai Laptop. Hal ini penting sekali agar kita bisa lebih lama menggunakan laptop ketika tidak ada koneksi listrik. dan berikut ini merupakan tips dan cara menghemat baterai laptop:

1. Atur Power Baterai

Windows memiliki fitur yang bernama Power Options. Melalui fitur ini, Kita dapat mengatur konsumsi listrik laptop kita. Caranya,klik START lalu Control Panel lalu pilih icon Power Option. maka akan muncul Power Option Properties. Anda pilih tab Power Schemes, kemudian pada menu drop down terdapat enam pilihan yang memiliki settingan Power yang berbeda. Anda dapat memilih yang sesuai dengan pekerjaan anda. Namun saran saya adalah memilih “Max batery” karena pilihan ini bisa menghemat penggunaan baterai karena membutuhkan kecepatan prosesor yang minimal seperti membaca dokumen,melihat file dsb.

2. Kecilkan atau turunkan Brightness monitor

Brightness monitor yang terlalu tinggi membuat pemakaian baterai menjadi boros. Semakin terang monitor kita maka konsumsi listrik pun semakin besar. Selain itu,monitor yang terlalu terang membuat mata kita cepat lelah dan perih. jadi disarankan untuk menurunkan brightness monitor laptop kita sekecil mungkin namun harus tetap enak dipandang. Menurut pengalaman, brightness yang diturunkan membuat penggunaan laptop lebih lama 45 menit sampai 1 tahun.

3. Menghentikan atau Mematikan Bluetooth, infrared atau Wi-Fi

Banyak Laptop yang memiliki Bluetooth, wifi atau beberapa perangkat lainnya yang sejenis. Namun kebanyakan orang lupa mematikan perangkat perangkat tersebut, padahal perangkat tersebut cukup memakan daya baterai. Hal ini disebabkan,walaupun perangkat tersebut tidak sedang digunakan,
Namun akan selalu mencari perangkat lain yang paling dekat. Sehingga selalu menguras daya baterai kita. Oleh karena itu, jika perangkat perangkat tersebut tidak digunakan, ada baiknya untuk dimatikan. Sehingga akan menghemat baterai laptop.

4. Tidak menggunakan Wireless mouse dan sejenisnya

Saya merekomendasikan untuk menggunakan mouse biasa yang pakai kabel, karena jika kita menggunakan mouse/keyboard wireless malah memakan daya yang sangat besar. oleh karena itu ada baiknya anda merubah perangkat wirelss anda dengan yang menggunakan kabel biasa.

5. Pasang Ram tambahan

Ada baiknya menggunakan RAM minimal 1 GB. Hal ini agar hardisk anda tidak terlalu sering berputar untuk membaca data. Hal ini juga akan mempercepat kinerja dari laptop anda karena system bisa mengambil data dari RAM, sehingga hard drive anda tidak bekerja terlalu keras, hal ini tentu menghemat penggunaan daya baterai.

6. Pilih Windows XP dari pada VIsta

Bagi anda yang memilih windows sebagai OS anda, ada baiknya anda lebih memilih Windows XP karena Windows XP lebih hemat listrik daripada windows VIsta. Selain itu windows XP memiliki kecepatan yang lebih daripada Vista. Hal ini karena XP lebih memiliki program yang bekerja di belakang lebih sedikit daripada Vista.

7. Matikan Hard Drive indexing

Biasanya jika menggunakan partisi NTFS terdapat opsi mengaktifkan hard drive indexing. dengan mengaktifkannya, Windows akan lebih (atau bisa juga kurang) konstan dalam meng index drive anda, yang menyebabkan hard drive anda akan berputar walaupun sedang tidak dibutuhkan. tapi yang perlu diperhatikan, dengan mematikan indexing, berarti penggunaan fitur SEARCH akan memakan waktu yang agak lama.

8. Jangan biarkan perangkat “menancap” jika tidak digunakan

Kebiasaan kita jika telah menggunakan FlashDisk (atau perangkat lain yang sejenis) adalah malas untuk mencopotnya. Padahal perangkat tersebut sudah tidak digunakan lagi. hal ini tentu saja memakan daya baterai laptop anda. oleh karena itu lebih baik dicopot jika memang sudah tidak dipakai.

9. Perhatikan penggunaan dan pengecasan baterai

Jika anda sedang mengecas baterai, Caslah hingga 100%. jika baterai sudah hampir habis, maka caslah sampai penuh dan jangan menunggu sampai benar benar kosong. diusahakan mencasnya dalam keadaan laptop mati. Namun tidak jadi masalah kalo anda ingin mengecasnya dalam keadaan hidup

10. Kurangi Resolusi

Cara lain untuk membuat baterai lebih awet adalah dengan mengurangi resolusi layar dan jumlah warna yang digunakan di laptop. Untuk menguranginya, Anda bisa klik kanan pada Windows Desktop lalu pilih Properties. Pada kotak dialog Display Properties pilih tab Settings. Lalu atur resolusinya dengan cara menarik slider-nya ke kiri untuk mengurangi resolusi. Kemudian pada menu drop down pilih kualitas warna (color quality) yang lebih rendah, lalu klik OK.

11. Gunakan screen savers ‘Blank’

Screen saver ternyata bisa menguras baterai. Karena itu gunakan screen saver ‘Blank’. Caranya, klik kanan pada Desktop lalu pilih Properties. Akan muncul kotak dialog Display Properties, lalu pilih tab Screen Saver. Pada menu drop down terdapat banyak pilihan Screen saver, diantaranya 3D FlowerBox, 3D Flying Objects, 3D Text, Blank, Marquee dan sebagainya. Anda disarankan untuk memilih ‘Blank’ dan atur waktu menunggunya (Wait time) hingga 2 menit lalu klik OK. Langkah ini akan membuat baterai lebih hemat.

12. Kondisi Baterai

Baterai di laptop anda memiliki memori yang bisa mengenali ketika anda menggunakan power AC atau tidak. Jika baterai anda jarang sekali digunakan, anda bisa merasakan mengurangan yang signifikan dari waktu kerja laptop anda. yang harus anda lakukan adalah, nyalakan Laptop anda menggunakan baterai sampai benar benar mati sendiri. kemudian Cas baterainya sampai benar benar FuLL. sehingga baterainya dapat dikondisikan seperti awal lagi.

Mitos seputar Baterai Laptop

Saya sering mendengar beberapa saran dari teman2 tentang penggunaan baterai laptop, salah satunya kita harus mencopot baterai laptop ketika kita mencolokan laptop kita secara langsung ke AC power. Namun akhirnya saya bertanya, Apakah teknologi Baterai laptop sekarang se kuno itu sehingga
harus dicopot? dari pertama pun saya yakin kalo saran saran itu hanyalah mitos seputar hardware. Kita gak harus mencopot baterai jika kita mencolokannya ke power AC karena baterai Laptop sudah mempunyai sistem tertentu yang bisa mendeteksi jika baterai sudah terisi penuh. karena saya lagi males CoPas, jadi Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca artikel di:

http://noufalzblog.blogspot.com/2008/10/cara-merawat-baterai-laptop.html

7 Responses to “Tips dan Trik merawat baterai Laptop agar awet”

  1. Mas Gaptek said

    Nice tips, sangat berguna.. salam kenal.

  2. lo_tu_yee said

    mantap neh
    mksh yakhh

  3. iwan said

    makasih mas infonya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: